5 Tips Atasi Sakit Leher akibat Penggunaan Ponsel

Kamis, 17 Agustus 2017 - 06:23 WIB
5 Tips Atasi Sakit Leher akibat Penggunaan Ponsel
5 Tips Atasi Sakit Leher akibat Penggunaan Ponsel
A A A
JAKARTA - Penggunaan ponsel memang tidak bisa ditinggalkan dewasa ini. Bahkan, setiap waktunya ponsel tidak bisa lepas dari genggaman. Manfaatnya memang cukup besar, tetapi tahukan Anda bahwa terlalu lama memegang ponser mempengharuhi kesehatan, khususnya di bagian leher dan kepala atau disebut text neck.

Text neck ini kerap dialami profesional bisnis. Umumnya mereka menderita sakit kronis pada bagian kepala. Untuk mangatasinya, seorang ahli bedah bernama Bob Chatterje, Seperti dilansir The Sun berbagi tips.

Ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terserang text neck itu. Berikut ulasannya.

1. Ubah Posisi
Jangan biasakan hanya menggunakan tangan yang itu-itu saja saat menggunakan ponsel. Jika biasanya selalu menggunakan tangan kanan, maka mulailah berbagi peran antara tangan kiri dan kanan.

2. Hindari Menjadikan Pundak Sebagai Tumpuan
Tidak jarang terlihat seseorang menggunakan pundaknya untuk mengapit ponsel ketika sedang berkomunikasi. Pemandangan itu akan semakin mudah terlihat ketika yang bersangkutan melakukan pekerjaan yang lain, seperti mengambil atau membawa sesuatu.

Padahal, kebiasaan itu bisa menjadi awal dari gejala text neck. Apalagi, jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Agar terhindar dari kemungkinan terserang text neck, hentikan segera mengunakan pundak untuk mengapit ponsel saat sedang berkomunikasi.

3. Gunakan Alat Bantu
Usahakan untuk membiasakan diri menggunakan haedset setiap kali menelepon atau ditelepon. Kalau tidak tersedia, maka sebaiknya menggunakan pilihan loadspeaker setiap kali menggunakannya.

4. Olahraga Leher
Seperti halnya cedera, menjaga otot agar tetap lentur bisa mencegah dari text neck itu. Secara teratur, biasakan untuk meregangkan, serta memiringkan kepala. Hal ini bisa membantu agar otot-otot tidak terlalu tegang.

5. Peregangan Teratur
Usahakan sesering mungkin meregangkan bahu, kemudian menariknya ke belakang dan bawah. Ini bisa membantu menghindari ketegangan di leher dan bagian di antara bahu. Cara ini jugaa bisa membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6848 seconds (0.1#10.140)